- See more at: http://bocahvillage.blogspot.co.id/2011/04/cara-membuat-headline-post-dengan.html#sthash.5N8eM5zl.dpuf

Profil BMT Mentari

Selasa, 04 Agustus 20150 komentar

SEKAPUR SIRIH


  • Berawal dari inisiatif para anggota pemuda Muhammadiyah kotagajah Lampung Lengah dibidang ekonomi yg beranggotakan 20 orang dengan kegiatan koperasi kelilingi melalui pengajian pengajian dari rumah anggota ke rumah anggota yang lain dengan tetangga dengan waktu satu bulan sekali. Maka muncul ide dari jajaran pimpinan cabang pemuda muhammadiyah untuk mendirikan BMT pemuda muhammadiyah.


  • Pada tanggal 28 oktober 1997 terbentuk koperasi BMT MELATI yang berasal dari lambang muhammadiyah. Sesuai peraturan dari pimpinan pusat muhammadiyah bahwa setiap lembaga yang bernaung dibawah payung besar Muhammadiyah harus mencerminkan nama perserikatan muhammadiyah. Maka nama BMT MELATI berganti nama BMT MENTARI kotagajah.


  • Seiring dengan berjalanya usaha BMT MENTARI kota gajah maka akhirnya badan hukum didapat pada tahun 1999 dengan No. 528/BH/KDK.7.2/X/1999. Pada tahun 2006 BMT MENTARI berubah badan hukumnya menjadi No. 08/HB/PAD/D3/2006, dan sekaligus berubah menjadi koperasi jasa keuangan syari’ah (KJKS) BMT MENTARI kotagajah.


  • Untuk memperluas wilayah kerjanya bisa diseluruh wilayah lampung, maka pada bulan oktober 2011 dilakukan perubahan status dari koperasi primer tingkat kabupaten menjadi koperasi primer tingkat provinsi dengan No perubahan 1434/III.11/Klb. Usaha. Kumkm.1/X/2011.


  • Pada saat BMT Mentari mempunyai 5 orang pengurus, 3 orang Dewan syari’ah 75 sebagai karyawan. BMT Mentari telah mempunyai 9 kantor cabang dan 2 kantor cabang pembantu.

  • VISI KJKS BMT MENTARI KOTAGAJAH:


    MENJADI KJKS YANG UNGGUL KOKOH DAN ISLAMI


    Pengertian BMT:

  • singkatan dari Baitul maal wat tamwil
  • Sejarah BMT ada di Indonesia, dimulai tahun 1984 dikembangkan mahasiswa ITB di Masjid Salman yang mencoba menggulirkan lembaga pembiayaan berdasarkan syari’ah bagi usaha kecil dengan nama Bait at Tamwil SALMAN dan selanjutnya di Jakarta didirikan Koperasi Ridho Gusti. Kemudian BMT lebih di berdayakan oleh ICMI sebagai sebuah gerakan yang secara operasional ditindaklanjuti oleh Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK). BMT adalah lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan pola syari’ah, menumbuhkembangkan bisnis usaha mikro dan kecil dalam rangka mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin. Secara konseptual, BMT memiliki dua fungsi : Baitul Tamwil (Bait = Rumah, at Tamwil = Pengembangan Harta) – melakukan kegiatan pengembangan usahausaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas ekonomi pengusaha mikro dan kecil terutama dengan mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Baitul Maal (Bait = Rumah, Maal = Harta) – menerima titipan dana zakat, infak dan shadaqah serta mengoptimalkan distribusinya sesuai dengan pertaturan dan amanahnya. Sekilas Tentang PINBUK Peran ICMI yang mendorong terbentuknya PINBUK sangat berarti dalam sejarah perkembangan BMT. Pada tanggal 13 Maret 1995 ICMI yang diwakili oleh Prof. Dr. Ing. BJ Habibie (Ketua ICMI) , Majelis Ulama Indonesia yang diwakili oleh K.H. Hasan Basri (Ketua Umum MUI) dan Bank Muamalat Indonesia yang diwakili oleh Zaenul Bahar Noor, SE (Dirut BMI) menjadi tokoh-tokoh pendiri PINBUK. PINBUK didirikan karena adanya tuntutan yang cukup kuat dari masyarakat yang menginginkan adanya perubahan dalam struktur ekonomi masyarakat yang pada tahun-tahun 1995 di kuasai oleh segelintir golongan tertentu, utamanya dari ekonomi konglomerasi, kepada ekonomi yang berbasis kepada masyarakat banyak. Maksud dan tujuan pendirian PINBUK sebagaimana telah dibakukan dalam akta pendiriannya adalah :
    (1) Mewujudkan dunia usaha yang lebih adil dan berdaya saing, konsisten dengan nilainilai agama mayoritas bangsa Indonesia; (2) Mewujudkan sumber daya insani yang bermutu tinggi, terutama di kalangan pengusaha mikro, kecil dan menengah, serta lembaga pendukungnya; (3) Mendorong terwujudnya penguasaan dan pengelolaan sumber daya alam dan sarana secara efektif dan efesien; (4) Mengupayakan perluasan kesempatan kerja dan mewujudkan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan dalam suatu sistem pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

    Untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut, sebagai langkah awal PINBUK memulai dengan pendirian dan pengembangan lembaga keuangan mikro (micro finance institution), yang diberi nama Baitul Maal wat Tamwil, disingkat BMT dengan menggunakan prinsip bagi hasil dan memilih tempat beroperasinya dalam masyarakat lapisan bawah. Sebagai lembaga keuangan alternatif, BMT menjalankan kegiatan simpan pinjam, fungsi penyaluran pembiayaan kepada anggotanya pengusaha mikro dan kecil, serta pendampingan dan pengembangan usaha-usaha sektor riel para anggotanya. .
  • Share this article :

    Posting Komentar

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2011. KSPPS BMT Mentari - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger